021-753 2095, 021-754 9750 Izin Umroh Kemenag : 566/2018, Haji Khusus : 745/2016
021-753 2095, 021-754 9750 Izin Umroh Kemenag : 566/2018, Haji Khusus : 745/2016

Kuliner Mekkah, Madinah & Jeddah

KULINER MEKKAH, MADINAH & Jeddah

Kelaparan di sela ibadah umroh di Makkah, Arab Saudi? Ada food court dengan aneka pilihan kuliner dari ayam Al Baik sampai aneka kuliner Timur Tengah.

Aneka gerai kuliner di bawah Zamzam Tower dan Makkah Hilton Tower, para jamaah haji dan umroh pasti sudah tahu. Tapi spot kuliner di depan Masjidil Haram ini mungkin kurang nyaman karena konsep makannya grab and go. Tidak ada kursi dan mejanya.

Kalau mau makan enak dan nyaman, lebih baik melipir ke Mall Souq Jabal Omar. Selurusan pintu 79 Masjidil Haram ke arah Jalan Ibrahim Al Khalil terus belok kanan. Kalau bingung, tanya saja Hotel Hilton Suites Makkah, karena hotel ini ada di dalam malnya.

Food court ini ada di lantai paling atas. Isinya jejeran restoran yang menggugah selera. Favorit makan jamaah Indonesia tidak lain dan tidak bukan adalah ayam Al Baik yang sekarang banyak ditiru baik logo ayamnya atau warna merah plang namanya.

Ayam Al Baik & Antrean perempuan 

Al Baik adalah ayam goreng tepung dengan french fries. Menu andalannya adalah paket 4 ayam, cocok dimakan berdua untuk perut Indonesia. Entah kenapa Al Baik cabang Jabal Omar tidak menjual paket ini, melainkan paket nugget seharga SR 9 (Rp 32 ribu).

Namun itu tidak mengurangi animo orang membelinya. Yang antre banyak, jadi sabar-sabar ya kalau mau makan. Oh iya, biasanya antrean laki-laki dan perempuan dipisah, jadi jangan salah antre ya.

Gerai-gerai lain juga banyak kok, dan jamaah Indonesia relatif agak jarang mendatanginya, kecuali memang doyan makan makanan Timur Tengah. Ayam mirip Al Baik dijual saingannya Broast World dengan paket 4 ayam, kentang dan roti burger seharga SR 15 (Rp 53 ribu). Selain itu ada Hardee’s dengan burger besar ala Amerika.

Untuk menu Timur Tengah ada Ojen Restaurant dengan nasi briyani atau kabsah. Makan enak juga dimiliki Al Tazaj dengan menu ayam BBQ, broast chicken mirip Al Baik, nasi kabsah ayam, nasi mandi ayam, ayam tikka ala India, nasi dan daging kebab.

 

Pembeli yang mau makan ayam Al Tazaj

Retaj Restaurant juga punya aneka nasi khas Timur Tengah dan ayam goreng porsi besar. Yang lebih khas Arab Saudi ada Shawarmat, aneka daging dengan gulungan roti Arab. Untuk pencuci mulut ada es krim Baskin Robbins yang tentu traveler umroh asal Indonesia sudah tahu es krim ini.

Harga standar makan di sini adalah SR 10-15 (Rp 35 ribu-53 ribu). Tapi porsinya besar dan bisa dimakan berdua. Perut kenyang, kita pun bisa kembali ke Masjidil Haram untuk beribadah.

 

Nasi Mandhi Khas Yaman

Nasi Mandi (ada yang menulisnya Mandy) berasal dari Yaman, tepatnya wilayah Yaman Selatan atau Hadramaut. Kalau pernah makan nasi kebuli atau nasi biryani (mungkin di Condet, Jakarta) rasanya hampir mirip-mirip lah. Perbedaannya, di nasi mandi ada taste beraroma bakaran. Ya, karena cara memasak nasi mandi memang melalui proses dipanggang. Aslinya di Yaman, dulu, pemanggangan ini cukup rumit.

Bahan nasi mandi adalah beras basmati. Itu tuch, beras berbentuk kurus panjang dan bertekstur pera keika dimasak. Beras basmati banyak ditanam di wilayah India dan sekitarnya.

Di Madinah/Mekkah ada restoran ini yang menyajikan nasi mandi ini dengan rasa yang aduhai. Namanya Raydan &Hadramaut Kicthen. Dua nampan nasi mandi masing-masing berisi 5 ekor ayam/Kambing dibanderol 110 riyal atau 259 ribu. Jika menginginkan (dan ini rekomendasi terbaik) mintalah nasi mandi kambing/domba. Anda bisa mencicipinya di restoran Raydan atau Hadramout Kitchen Madinah/Mekkah, yg mau mencicipi sensasi kepala kambing hanya tambah 20 riyal atau 80 Ribu…di Madinah ada restaurant Maazim yg mempunyai menu tidak kalah enaknya walaupun terletak agak jauh sedikit menggunakan Taxi sekitar 20 riyal….mmmh yummy

 

Restoran Khas Indonesia di Madinah

Bagi yang kangen masakan Indonesia  di sekitar Masjid Nabawi bisa mengunjungi QARAT restaurant berlokasi sebelah Hotel Royal Inn di tengah naik ke Lantai1, aneka makanan nusantara seperti bakso/mie/ikan goring dll disediakan disini

Baso di Jeddah

Bakso Bang Udin menjadi pengobat rindu bagi jamaah Indonesia umumnya berlokasi di daerah Cornish, Balad, biasanya jamaah Indonesia selalu singgah di sini untuk beristirahat sejenak dan menghabiskan sisa sisa riyal walaupun secara rasa agak sedikit berbeda dengan bakso yg ada di wilayah Indonesia, menu : Bakso/Mie Ayam/Gado gado/es campur dll

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Call Now Button